Selasa, 11 November 2008

Pengantar


Aku temukan catatan-catatan milik kawanku ini berserak di antara tumpukan buku dan kertas yang harus kutata. Aku hidup bersamanya. Aku pernah mengenalnya, meski tidak mendalam. Oleh karena itu, aku ingin mengenangnya lewat tulisan-tulisan yang ditinggalkannya. Barangkali, dia tidak akan pernah berpikir bahwa tulisan ini akan kutemukan. Barangkali dia tidak rela jika tulisan ini akan dibaca oleh siapa saja. Dengan segala kerendahan hati, aku hanya ingin meminta maaf jika aku terlalu lancang memuatnya di halaman ini.
Sebagai suatu pengantar, aku ingin memuat pengantar tulisannya di bawah ini.

"Saya yakin bahwa hidup manusia mengalami perkembangan baik meliputi jasmani, rohani, emosi maupun kecerdasan. Arti perkembangan yang saya maksud mengandung dua segi yaitu perkembangan yang positif dan perkembangan yang negatif. Perkembangan yang positif berarti manusia berkembang ke depan, lebih maju, dan lebih baik dari masa lalu. Perkembangan yang negatif dapat diartikan sebagai kemunduran hidup manusia. Namun demikian, saya yakin bahwa pada saat-saat tertentu manusia mengalami keadaan, situasi, dan kejadian hidup yang sulit dan dalam kesadaran yang rendah. Keberadaan manusia yang terkungkung oleh hal di atas menyebabkan manusia berada dalam keadaan kritis, manurun, dan bahkan sekarat akan jasmani, rohani, emosi, dan kecerdasannya. Ini juga saya rasakan pada saat-saat tertentu. Sungguh suatu pengalaman yang tak mengenakkan dan pahit. Apalgi saya hidup bersama dengan orang lain yang membentuk hidup bersama dan berkomunitas.

Tulisan saya dalam buku ini merupakan sejarah hidup saya yang sadar akan keberadaan dan keadaan saya. Saya juga sadar sebagai manusia yang dapat mengalami perkembangan secara positif dan negatif. Kesadaran ini membawa saya pada pengakuan saya pada eksistensi hidup saya dan orang lain. Buku ini merupakan buku pribadi. Katakan saja sebagai buku harian saya. Namun demikian, buku ini saya buat sedemikian rupa, sehingga dapat dibaca oleh banyak orang walaupun tidak dimaksudkan untuk itu. Buku ini merupakan kumpulan dari tulisan-tulisan harian saya yang saya tulis dalam dua file yang berbeda. Maka, dalam buku ini akan dijumpai tulisan yang berbunyi: disarikan dari file lain. Walaupun demikian, tulisan dari file lain itu tidak mengalami perubahan apa pun.

Oleh karena kasih dan rahmat Allah, buku ini dapat saya selesaikan sebelum Natal dan sebelum ulang tahun saya sebagaimana yang telah saya rencanakan. Catatan harian (buku) ini merupakan buku ketiga yang saya buat seperti tahun lalu. Atas kebaikan-Mu, ya Tuhan, aku bersyukur dan menyembah-Mu. Amin. Yogyakarta, 18 Desember 2002. Supratiknyo."

Selamat menikmati tulisan-tulisan kawan saya ini.

Tidak ada komentar: